Senin, 24 September 2012

Pertanyaan pada saat interview (analis kimia)


hallo, cuma sekedar berbagi cerita nih ~___~

berhubungan dengan yang namanya interview/wawancara.. jujur, saya baru pertama kali diinterview.  Baru-baru ini, saya dapet panggilan di salah satu BUMN di negeri kita tercintaahh ini (xixixiii..)

dikira, bakal ditanyain tentang alat atau analisis KKL kemaren, saya uda baca ulang mpe berkali-kali saya bolak-balik ntu laporan (yang bener sih bingung bacanya, :P) 3nd t4u 9a 5icH LoO3h??!! (saya juga pusing nulisnya XD) ternyata, pertanyaannnya +/- 90% berbeda!! Nah loh.. Serasa jungkir balik dari ujung monas, dijatohin ke pulau kapuk (ga lucu yeh, ngehngehngeh)

nah, terus apa coba yang di tanyain?? kurang lebih nih, saya ceritain.. Ayo cekidot kawan..

- gambaran anda beberapa tahun ke depan

- apa yang bisa membuat anda yakin kami bisa menerima anda di sini (sama juga, banyak di web udah tertulis tentang ini pertanyaan)

- apa kelebihan anda..

- gaji yang diinginkan berapa

-apa motivasi dan kenapa memilih perusahaan kami

 (yang ini kebetulan saya pernah nemu di banyak web, dan ternyata ntu web kebukti nyata.  Ini pertanyaan keddenger langsung dari penguji..)

ditanya tentang KKL cuma sebatas parameter apa aja coba (-_-) juga banyak pertanyaan yang bakal ngorek-ngorek tentang diri kita.  kaya hobi, Atau misal pertanyaan, klo misalkan di perusahaan ada seperti ini, bagaimana cara anda menyikapinya, atau memilih lembur atau kuliah..

sebisa mungkin, kita harus jadi diri kita sendiri, jadi kita bisa berfikir jernih pass ngejawab pertanyaan. Satu lagi, klo ga bisa B.inggris ya blang, klo ga palingan diketawain (pengalaman saya T________T cma ga tw 1 kata, tapi kata itu mang inti pertanyaan ssih XD).  Atau cara lain udah siapin jawaban dari sebelumnya..  Klo yang udah terjun langsung pasti lebih tau suasananya ya ~__~

ada lagi, kalau dipanggil wawancara, belajar sebelumnya.. terutama tentang ISO and di bidang apa perusahaan ntu ada.. Misal di bidang air, berarti baca-baca tentang BOD, COD, atau teknik mengelola lingkungan (kayya pelajaran kimia lingkungan) atau hal lain yang berhubungan..

jujur yah, wawancara saya itu kacau bgt. udah pelamarnya banyak, saya x pertama diwawancara, trus deg degannya melebihih as ketemu someone XD hihihii.. bayangin aja, yang ngewawancaranya 4 org TT_________TT

semoga curhatan saya ini bisa ada hikmahnya buat yang baca,, atau kasih saran dong yang udah berpengalaman wawancara, gmna caranya supaya bisa lolos wawancara :`(

salam semangat selalu ;)

2 komentar:

lagii viral mengatakan...

Semoga sukses selalu menyertai mba :)

Diyah saraswati mengatakan...

terimakasih mba cukup memberi gambaran.
kalau misal tes tertulis tentang analis lab gimana ya mb?

Posting Komentar